Judul di atas mungkin kedengarannya garing banget ya ?? karena saya yakin banyak sekali yang dah tahu apa itu CPU. Terutama teman – teman saya di GUNADARMA khususnya jurusan SI & IT. Akan tetapi yang menggelitik saya untuk menulis tentang CPU ini adalah sekedar ikut adil dalam memberikan pendapat diantara dua pendapat yang mungkin ke dua-duanya benar. Lho kok tiba-tiba ada dua pendapat yang dianggap benar memangnya pendapatnya apa?

Begini, ada orang yang beranggapan bahwa CPU itu adalah prosesor yang terdapat dalam motherboard (titik). Namun ada juga yang berpendapat bahwa CPU itu adalah casing beserta isi-isinya termasuk motherboard, memory, hardisk, Power supply, kabel-kabel beserta seluruh perangkat yang menempel di dalamnya seperti CDROM, Floppy drive, dll. Sekali lagi aku cuma ikut adil dalam memberi pandangan alternatif mengenai CPU berdasarkan pengetahuan yang aku miliki dan sekali lagi bukan ingin terjebak ke dalam dua pendapat yang telah disebutkan sebelumnya karena bisa saja kedua-duanya benar adanya. Semuanya tergantung dari pemahaman dan keyakinan sendiri, juri yang terbaik adalah anda dan tentu saja orang lain. hehehe …

oke kita lanjut …

» CPU (Central Processing Unit)  merupakan tempat pemroses instruksi program yang pada computer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikor). Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC (Integrated Circuit). Dimana IC ini digunakan untuk mengimplementasikan fungsi logika.

» CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu:

1. Arithmetika Logic Unti (ALU)
Tugas utama dari ALU ini adalah untuk melakukan semua perhitungan aritmetika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmetika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronika yang digunakan disebut dengan Adder. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu: sama dengan (=), kurang dari (<), atau lebih dari (>).

2. Control Unit (CU)= unit kendali
Unit ini bertugas untuk mengatur atau mengendalikan semua peralatan yang ada pada system komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada layar output.
Unit ini juga mengartikan instruksi-instruksi dari program Komputer, membawa data dari alat input ke memory utama dan mengambil data dari memori utama untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmetika atau perbandingan logika. Maka unit kendali ini akan mengirim instruksi tersebut ke ALU.
Hasil pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama untuk disimpan dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali adalah:

  • Mengatur dan mengendalikan alat-alat input output
  • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama
  • Mengambil data dari memori utama (jika dibutuhkan) untuk diproses
  • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
  • Menyimpan hasil proses ke memori utama

Disamping itu CPU mempunyai alat penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut dengan Register. Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses tinggi yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang sedang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama.
Dengan demikian ada 3 macam memori yang digunakan dalam sistem komputer, yaitu:

  1. Register (digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yangs sedang diproses
  2. Main memori ( digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan menyimpan data hasil pengolahan)
  3. Secondary storage (digunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen)

Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan tentu saja yang terutama saya sendiri yang masih belum begitu mengerti dalam ilmu pengetahuan dan Tekhnologi.

About these ads