Terik matahari seringkali memicu keringat berlebih. Aroma tak sedap pun meruap dari bagian tubuh tersembunyi seperti selangkangan, ketiak, juga leher. Efek selanjutnya, rasa percaya diri meredup dan berpotensi mengacaukan aktivitas.
Memakai deodoran atau menyemprotkan parfum beberapakali tak menyelesaikan masalah yang rentan muncul di musim kemarau. Demi mengatasinya, kontrol produksi keringat dengan tips berikut, seperti diberitakan dari laman Idiva:

1. Gunakan sabun antibakteri untuk tubuh saat mandi.

2. Sempatkan berendam air hangat, yang telah dicampur dengan sedikit baking soda. Ramuan lain, bilas ketiak dengan segelas air yang telah dicampur cuka putih.

3. Bubuhi ketiak dengan bedak bayi untuk membantu menyerap keringat berlebih.

4. Perbanyak konsumsi air putih untuk menghidrasi kulit dan membilas racun yang keluar dari tubuh. Sebab, dehidrasi membuat aroma tak sedap akibat keringat semakin menyengat. Batasi konsumsi teh dan kopi yang mempercepat dehidrasi tubuh.

5. Hindari menggunakan deodoran mengandung antiperspiran yang cenderung menyumbat kelenjar keringat.

6. Campur beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam tandon air untuk mandi. Bisa juga mencampurkan daun mint atau sedikit kapur barus ke dalam air mandi. Ini akan memberi kesegaran lebih tahan lama.

7. Batasi konsumsi makanan pedas dan berminyak. Demikian pula asupan bawang merah dan bawang putih yang dapat meningkatkan aroma tak sedap.

Sementara itu, untuk mengurangi timbulnya keringet buntet atau biang keringat, ikuti tips berikut ini:

* Gunakan Bahan Katun.
Usahakan agar anak jangan memakai baju terlalu tebal. Pilih baju dari bahan menyerap keringat, seperti katun.

* Sering Ganti Baju.
Segera ganti baju si kecil setiap kali bajunya tampak basah oleh keringat.

* Ventilasi Cukup.
Usahakan agar suhu lingkungan tak terlalu tinggi. Misalnya, dengan ventilasi dan jendela yang cukup. Jika cuaca masih terlalu panas meski ventilasi dan jendela sudah cukup, tak ada salahnya memasang AC atau kipas angin.

* Diaper Seperlunya.
Kelebihan diaper memang bisa menyerap keringat, tapi juga bisa membuat lembab daerah di sekitarnya karena ventilasinya kurang. Jadi, bila anak gampang berkeringat, sebaiknya diaper dipakai seperlunya saja.

* Cukup Cairan.
Keluarnya keringat merupakan manifestasi pengeluaran cairan dari tubuh. Nah, untuk mengganti cairan yang keluar ini dibutuhkan minum yang cukup.

bagi teman² yang masih batu ketek di ikutin nih gan caranya yaa ... kasian orang yg ada di sekitar anda ^_^