SAAT kita bepergian apakah dengan pesawat, bis, atau kereta api, selalu muncul kemungkinan bila kita duduk di sebelah orang yang terus berbicara. Bagaimana memutus obrolan dengannya?

Ketenangan Anda merasa terusik dengan teman perjalanan yang menjengkelkan, sebagai orang dengan adat Timur, tentu cukup sulit untuk mengatakan langsung kepada yang bersangkutan. Agar ia berhenti bicara
1. Biarkan satu headphone menempel di telinga Anda saat berbicara. Ini akan mengindikasikan kalau Anda lebih memilih mendengarkan musik dari pemutar MP3 dibanding berbicara dengannya.

2. Tetap buka halaman buku yang tengah Anda baca sebelum kembali mendapatkan gangguan. Secara tidak langsung, bahasa tubuh ini akan mengatakan bahwa Anda memang hanya akan berbicara untuk sementara waktu dan akan segera kembali membaca setelah ia selesai berbicara.

3. Jangan sering lakukan kontak mata. Cobalah melihat ke tempat lain yang ingin Anda lakukan, seperti membaca buku, majalah, atau gadget.

4. Berpura-pura tertidur. Dalam beberapa kondisi, berpura-pura tidur efektif untuk menghindari percakapan yang tak diinginkan.

5. Mengaku sakit. Amat wajar jika seseorang yang sakit tak ingin diganggu.