1. Tambah Ukuran Memory dan Hard Disk PC/Notebook Anda

Teknologi PC menjadi kuno karena ukuran memory yang tidak bisa mengejar perkembangan software-software terbaru yang membutuhkan memory berukuran besar. Dibanding melakukan penggantian PC/Notebook setiap tahun, untuk menghemat biaya Anda dapat melakukan penambahan ukuran Memory saja. Begitu juga dengan semakin berkembangnya data yang perlu disimpan, pertimbangkan untuk menambah ukuran Hard Disk sebelum melakukan penggantian PC/Notebook.

2. Optimalkan Komunikasi dengan Menggunakan Google

Komunikasi internal perusahaan sangat penting untuk dilakukan dan lebih baik dilakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang tinggi. Anda bisa mengkombinasikan Gmail, Google Calendar, Google Documents dan Google Chat untuk melakukan komunikasi internal perusahaan. Semua fasilitas dari Google itu dapat digunakan secara gratis, Anda hanya perlu menyediakan sambungan internet saja.

3. Gunakan Skype/Yahoo Messenger untuk Menggantikan Biaya Telepon

Biaya penggunaan telepon merupakan salah satu elemen biaya yang cukup membebani keuangan perusahaan, dengan kehadiran internet sekarang ini Anda bisa melakukan komunikasi suara menggunakan Skype/Yahoo Messenger untuk menggantikan penggunaan telepon.

4. Gunakan Barang Refurbished

Mengikuti perkembangan teknologi membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Saat ini makin banyak barang-barang refurbished untuk smartphone dan toner printer. Kemampuan dasar yang sama bisa didapatkan dengan harga jauh lebih murah dengan menggunakan barang-barang refurbished.

5. Bagi Penggunaan Printer dan Batasi Penggunaannya

Tidak semua kantor memerlukan printer, beberapa komputer dapat menggunakan printer yang sama dengan melakukan pembagian dengan jaringan. Batasi penggunaan printer untuk dokumen-dokumen penting seperti surat-surat perjanjian dan kontrak kerja, untuk dokumen-dokumen lain Anda bisa menggunakan e-paper.

6. Perhatikan Biaya Listrik

Semua teknologi membutuhkan listrik agar dapat digunakan. Tumbuhkan kesadaran untuk menggunakan listrik seperlunya dan analisa beban biaya listrik setiap bulannya.

7. Pertimbangkan Pilihan untuk Melakukan Outsource

Untuk menghemat biaya operasional perusahaan, outsource dapat menjadi salah satu pilihan. Beberapa elemen pendukung usaha yang dapat di outsource antara lain adalah mesin fotokopi, printer, office boy, dan keamanan.

8. Jangan Berpatokan Hanya pada 1 Harga

Lakukan perbandingan harga sebelum memutuskan pembelian elemen-elemen pendukung usaha. Lakukan negosiasi dengan pemasok untuk memperoleh harga dan kualitas terbaik.

Sukses selalu bagi pelaku UKM !!!