Software pengujian merupakan investigasi yang dilakukan untuk memberikan stakeholder dengan informasi tentang kualitas produk atau jasa sedang diuji. Software penguji juga dapat memberikan informasi yang bermanfaat buat user. 
 
software penguji juga dapat dinyatakan sebagai proses untuk memvalidasi dan memverifikasi bahwa program harus:
1. Memenhi persyaratan bisnis dan teknis bahwa desain yang dibimbing dan pengembang.
2. Bekerja seperti yang diharapkan.
3. Dapat diimplementasikan dengan karakteristik yang sama.
 
Tujuan utama pengujian yaitu untuk mendeteksi kegagalan perangkat lunak sehingga kekurangan dapat ditemukan dan diperbaiki. Penguji tidak dapat menetapkan bahwa fungsi produk dengan benar dalam semua kondisi namun hanya dapat menetapkan bahwa hal itu tidaj berfungsi sebagaimana mestinya. 
Contoh software penguji untuk menguji webstes WAPT 4.0 aplikasi ini dapat digunakan untuk menguji kemamapuan sebuah website yang digunakan. akan diuji kemampuan membuka akun yahoo mail sampai 1000 user. berikut ini langkah-langkah pengujian yang akan dilakukan.
 
1. Langkah awal, masuk WAPT lalu klik new. disana akan muncul new test scenario wizard. Lalu pilih stress capabilities.
2.Masukkan parameter jumlah user yang akan diuji dengan menggunakan 1000 user dan setiap 10 detik akan naik 100 user.
3. Checklist semua pilihan, terutama pada bagian IP.
4. Masukkan profil. Jika belum mempunyai profil, profil dapat dibuat terlebih dahulu.
5. Tekan finish untuk memulai menguji.
6. klik profil 1 yang sebelumnya telah dibuat, lalu klik record. Akan muncul pilihan untuk memilih profile. Klik rec pada task bar dan masukan alamat web. Setelah selesai merecord maka klik stop record untuk menilai hasil yang sudah direcord.
7.Setelah selesai, maka tekan stop rec. Selanjutnya masuk pada scenario test volume dan masukkan sesuai user yang ingin dicoba. Setelah selesai lakukan run test dan disana akan terlihat grafik. 
8. Apabila sudah selesai, kemudian akan muncul semua data web yang tadi diuji. 
 
Dengan menggunakan uji webstres ini, maka dapat dilihat kinerja dari sebuah web sehingga dapat dilihat performa dan kelayakan sebuah web.
Software pengujian adalah tugas dimaksudkan untuk mendeteksi cacat pada piranti lunak oleh kontras hasil program komputer yang diharapkan dengan hasil aktual untuk satu set input. Sebaliknya, QA (jaminan mutu) adalah implementasi kebijakan dan prosedur yang dimaksudkan untuk mencegah kerusakan dari yang terjadi di tempat pertama.
 
Referensi :