Umumnya manajer harus memiliki beberapa keterampilan, diantara lain adalah:
  1. Keterampilan Konseptual (conceptional skill).>>Manajer tingkat atas (top manager) harus memiliki keterampilan untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi
  2. Keterampilan Berhubungan dengan orang lain (hummanity skill).>>Selain kemampuan konsepsional, manajer juga perlu dilengkapi dengan keterampilan berkomunikasi atau keterampilan berhubungan dengan orang lain, yang disebut juga keterampilan kemanusiaan.
  3. Keterampilan Teknis (Tecnical skill). >>Keterampilan teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu, misalnya menggunakan program komputer, memperbaiki mesin, membuat kursi, akuntansi dan lain-lain.
Katakter Pribadi Manager yang baik adalah:
  1. Memiliki pemahaman yang menyeluruh mengenai teknis pekerjaan dari proyek yang dikelola olehnya.
  2. Mampu bertindak sebagai seorang pengambil keputusan yang handal dan bertanggung jawab.
  3. Memiliki integritas diri yang baik namun tetap mampu menghadirkan suasana yang mendukung di lingkungan tempat dia bekerja.
  4. Asertif
  5. Memiliki pengalaman dan keahlian yang memadai dalam mengelola waktu dan manusia.

 

Manager adalah suatu pimpinan perusahaan, Manager merupakan contoh dan tonggak dari sebuah pimpinan yang berhasil menjadi contoh yang baik atau tidak. Yang dimaksud dengan manager yaitu orang yang harus mampu membuat orang yang berada dalam organisasinya yang terdiri dari berbagai karakteristik, latar belakang budaya yang berbeda, akan tetapi memiliki tujuan dan maksud yang sama dalam mencapai keberhasilan.  
 Tugas seorang manager antara lain : 
  • Pengarahan yang mencakup pembuatan keputusan kebijaksanaan, supervisi dan lain-lain.
  • Rancangan organisasi dan pekerjaan.
  • Seleksi,pelatihan,penilaian, dan pengembangan.
  • Sistem komunikasi dan pengendalian.
  • Sistem Reward.
SUMBER :